Search List : A / B / C / D / E / F / G / H / I / J / K / L / M / N / O / P /Q / R / S / T / U / V / W / X / Y / Z

Tutorial home recording.

Label:

Dewasa ini sangat banyak bermunculan Band-Band baru yang bersaing di belantika musik Indonesia, band sampah, band kampungan, band hutan sampai band berkualitas dan berkelas sekalipun. Hal ini tentu disebabkan karena faktor mudahnya bagi setiap band-band ini dalam melakukan kegiatan rekaman. Disamping banyaknya tersebar penyediaan jasa dapur rekaman distudio-studio musik dengan harga yang murah juga dikarenakan mudahnya melakukan kegiatan rekaman dirumah atau di sebut “home recording”.Perkembangan teknologi yang sangat pesat saat ini sangat mendukung kegiatan home recording, karena sudah banyak alat-alat canggih yang tersedia dan dijual dengan harga yang murah demi menunjang aktivitas home recording. Berbeda dengan zaman sebelumnya kegiatan rekaman dilakukan distudio dengan harga yang mahal dan perlengkapannya analog, dengan artian jika terjadi kesalahan maka rekaman diulang dari awal lagi. Namun dalam kegiatan home recording saat ini kita takkan menemukan kesulitan seperti zaman-zaman sebelumnya. Karena rekaman ini menggunakan system track per track. Maksudnya kita melakukan rekaman dengan menggunakan satu persatu alat musik yang kemudian di mixing untuk menjadi sebuah lagu yang lengkap. Untuk lebih jelasnya berikut tutorial Home recording:

Alat-alat yang dibutuhkan adalah:
-Komputer atau Laptop
-Soundcard Eksternal (optional)
-Software sound recording
-Software pendukung lainnya (drum maker, fruity loop, guitar rig, amplitube, dll)
-Ala-alat musik( sesuai kebutuhan)
-Speaker
-Headset
-Kabel

Jika semua kelengkapan alat sudah terpenuhi saatnya kita memulai kegiatan rekaman dan ayo teriakkan “Bravo Home recording” merasa Lebih baik?

1. Pertama-tama kita harus menginstal software-software yang sudah dilengkapi tadi, mulai dari software untuk recording maupun software pendukungnya seperti Fruity loop (software ini bisa membuat musik digital ataupun menambah efek dalam lagu kita nantinya). Contoh-contoh software buat recording adalah acid pro, Adobe audition, cool edit pro, cubase, nuendo, dan masih banyak lagi.
2. Jika kita menggunakan soundcard yang baru install juga drivernya, Mengapa saya menyarankan menggunkan sound eksternal karena soundcard yang sudah ada di komputer atau laptop kualitasnya kurang baik. Soundcard yang baik akan menghasilkan suara baik. Namun untuk membeli soundcard dalam tutorial ini saya tidak menyarankan harus yang mahal, tergantung kemampuan kantong saja, karena harganya sangat beragam bahkan ada yang sampai jutaan.
3. Setelah semua Software selesai di instal, lalu Kita harus menyiapkan alat-alat musiknya beserta kabel-kabelnya. Dalam mencolokkan kabel kita harus menyesuaikan dengan outu put alat musik dan input di computer atau laptop.
4. Setting jalur in put kita dilakukan dengan: Control Panel-> Sound and audio devices propertis -> Audio -> Sound recording-> volume. Pilih jalur yang akan digunakan.
5. Lalu hubungkan alat musik dengan komputer atau laptop.
6. Setelah itu buka software rekamannya.
7. Buat track baru dan pilih mode record untuk memulai rekaman. (jangan lupa katifkan metromom untuk menjadi pedoman dalam menyesuaikan tempo dari lagu kita)
8. Setelah itu mulai “Record” mainkan musik anda. Usahakan agar anda menjaga kestabilan dalam memainkannya.
9. Setalah selesai denagn track yang pertama, kita dapat melakukan track dengan alat musik lainnya, pilih mode track dan pilih menu record. lalu mainkan lagi alat musiknya. Ingat “jaga kesesuaian tempo agar hasil track kita sesuai dengan track yang sebelumnya)
Setelah proses pengetrackan selesai secara menyeluruh, saatnya kita menge mix semua track yang sudah kita lakukan tadi, sebelum di mix ada baiknya kita mengatur balance-in semua track yang kemudian kita melakukan kegiatan mastering. Pada proses mastering kita dapat memberi warna musik soundnya seperti apa. Setelah semua proses dilaksanakan saatnya kita mendengarkan hasil dan memperbaiki segala kesalahan yang tidak enak didengar, bila perlu mengulang trac-track yang mengalami kesalahan. Setelah itu jadilah musik kita dan “Kiill all the pop stars before they’re Kill you”


Berlangganan posting terbaru GRATIS! Masukkan e-mail anda



Pengikut